Rutin Konsumsi Makanan Ini, Kesehatan Mata Pasti Terjaga!

Rutin Konsumsi Makanan Ini, Kesehatan Mata Pasti Terjaga!

Masalah penglihatan adalah salah satu masalah krusial dalam kesehatan maupun fungsi tubuh manusia. Seiring bertambahnya usia, biasany penglihatan seseorang mulai kabur. Tak hanya itu, ketegangan otot mata yang sulit dihindari akibat aktivitas jarak dekat juga dapat memperburuk kondisi mata seseorang.
Menurut The Age-Related Eye Disease Studi (AREDS) yang terbit pada 2001, nutrisi seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata terkait usia. Studi lain yang dilakukan pada 2013 juga menemukan kandungan gizi seperti asam lemak omega-3, zeaxanthin, serta lutein juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat kita temui dalam berbagai makan di bawah ini.

Wortel

Wortel sudah kondang disebut sebagai sayuran penjaga kesehatan mata. Kandungan Beta karoten, vitamin B6 dan C, kalsium, kalium, fosfor, dan serat yang terdapat dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang berperan penting dalam manjaga kesehatan  mata kita. Wortel juga berguna melepaskan radikal bebas yang berada dalam tubuh kita.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, brokoli mengandung nutrisi  Zeaxanthin dan Lutein yang fungsinya adalah melindungi mata dari pancaran sinar UV. Risiko terkena katarak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi brokoli.

Bayam

Bukan hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, bayam juga mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein. Di dalam  bayam juga terkandung  vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C yang berguna mencegah penyakit glaukoma. Tomat Tomat kaya akan vitamin A, C dan lycopene, ketiga jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Tomat bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat jus agar  terasa lebih nikmat.

Avokad

Jenis buah ini mengandung Lutein paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi dari Lutein adalah untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. Avokad juga berperan untuk menyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang membentuk Vitamin A agar bisa diserap tubuh dengan baik.

Pisang

Selain kandungan karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi, namun pisang juga memiliki peran penting bagi kesehatan mata. Pisang adalah buah yang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C, yang mana Vitamin A dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Ubi Jalar 

Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. padahal untuk mendapatkan ubi jalar sangatlah mudah. Semangkuk ubi jalar sehari, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Buah Nanas

Nanas mengandung sejumlah besar vitamin C dan mangan yang penting untuk mempertahanan antioksidan, nanas juga mengandung sejumlah besar thiamin, vitamin B yang terlibat dalam produksi energi. Nanas membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit yang mempengaruhi mata seiring bertambahnya usia, karena mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu buah ini juga akan melancarkan pencernaan. Seperti banyak buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan, yang penting dalam menjaga ususmu selalu dalam keadaan  sehat.

Daging

Daging kaya akan kandungan zinc yang berkaitan erat dengan kesehatan mata dalam waktu panjang, sebenarnya zinc juga dapat kamu temukan dalam retina dan jaringan yang mengelilingi retina. Sumber hewani seperti dada ayam juga mengandung zinc, namun kadarnya tak setinggi pada daging. Selain itu Tiram juga dapat menjadi makanan untuk kesehatan mata karena memiliki lebih banyak seng per porsi dibanding menu makanan lainnya!

Ikan Salmon

Retina membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk bekerja dengan benar: Docosehaxaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Temukan keduanya dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan trout (ikan air tawar), serta makanan laut lainnya. Disamping membantu menurunkan kolesterol, omega-3 juga bisa meningkatkan fungsi pengelihatan dan mencegah AMD (degenerasi makula akibat usia). Omega-3 juga cukup efektif melawan sindrom mata kering. Sertakan ikan tuna, salmon, dan sarden dalam menu makanan harianmu Grameds. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 1-2 porsi tuna dalam seminggu. Jika tidak terbiasa mengonsumsi ikan, kamu bisa menggantinya dengan suplemen minyak ikan atau suplemen yang mengandung minyak nabati misalnya minyak biji kismis hitam atau minyak biji rami.

Kacang Kacangan

Kacang-kacangan menjadi makanan untuk kesehatan mata berikutnya yang sangat dianjurkan. Beberapa jenis kacang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E, sehingga dapat melindungi kesehatan mata. Rendah lemak, dan tinggi serat untuk membantu menjaga penglihatan tetap tajam dan memperlambat AMD. Cobalah menjadikan kacang sebagai camilan rutinmu. Misalnya walnut, kacang polong, kacang tanah, kacang merah, lentil dan kacang almond. Disamping mengenyangkan kesehatan mata turut terjaga. Mengonsumsi sekaleng kacang panggang juga dapat menjadi pilihan!

Telur

Telur baik untuk mata karena mengandung protein, vitamin E, vitamin A, lutein, zeaxanthin, omega-3 dan seng yang melindungi mata dari kebutaan dan mengurangi kekeringan pada mata. Mudah didapat dan dihidangkan menjadi olahan apapun. Telur memiliki kandungan zat gizi yang membantu menjaga kesehatan mata. Mereka membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung pada makula, bagian matamu yang mengendalikan penglihatan sentral.

Kiwi

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dalam buah kiwi sangat efektif mencegah penyakit mata. Secangkir kiwi mengandung 167 miligram vitamin C, dua kali lipat jumlah nutrisi yang disediakan jeruk, merujuk SFGate.
Bahkan mineral tembaga (copper) pada kiwi berperan penting untuk sistem saraf yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi retina. Para peneliti di National Eye Institute percaya bahwa asupan vitamin C yang tinggi dan nutrisi lainnya dapat membantu mencegah pembentukan katarak pada usia lanjut.

Mangga

Mangga mengandung dua nutrisi utama adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mendukung kesehatan mata dan melindungi dari sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget.
Merujuk SFGate, mangga juga menyediakan sumber lutein dan zeaxanthin cukup tinggi sekitar 48 mikrogram per buah.
Di samping itu, vitamin A yang tinggi pada mangga membantu mencegah keluhan mata kering dan rabun senja.

Paprika Merah

Makanan untuk kesehatan mata ini memberikanmu banyak vitamin C per kalori. Hal ini sangat baik untuk pembuluh darah di mata, dan menurunkan risiko penyakit katarak. Vitamin C sendiri banyak ditemukan di sayuran dan buah-buahan, termasuk bok choy, kembang kol, pepaya, dan stroberi. Masak dengan suhu yang tidak terlalu panas agar tidak memecah vitamin C di dalamnya, atau nikmati selagi mentah lebih baik lagi. Paprika berwarna cerah juga mengandung vitamin A dan E yang baik untuk matamu .

Biji Bunga Matahari

Sebanyak 1 ons biji-bijian seperti, biji bunga matahari atau kacang almond memiliki setengah dari jumlah vitamin E. Biji-bijian juga membantu mencegah katarak. Kacang lainnya seperti hazelnut, kacang polong, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E. Kacang polong, kacang merah dapat membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung seng dan bioflavonoid. Tugasnya melindungi retina dan mencegah degenerasi makula.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.