Cara Alami Mengatasi Bau Mulut

Cara Alami Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat mengganggu. Selain menurunkan rasa percaya diri, bau mulut juga dapat mengganggu aktivitas pengidapnya karena rasa tidak nyaman ketika bergaul.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut secara medis dikenal sebagai halitosis. Faktornya memang banyak, umumnya disebabkan oleh sisa-sisa makanan, bakteri dan kotoran yang ada di mulut. Bisa jadi bau mulut juga disebabkan oleh kondisi gigi yang tidak sehat, seperti gigi berlubang dan masalah pada gusi. Berikut beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan bau mulut:

  • Kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga karena jarang menyikat gigi atau tidak melakukan flossing sama sekali.
  • Karang gigi yang sudah terlalu menumpuk.
  • Akibat penyakit sinusitis yang menyebabkan adanya lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Mulut kering atau xerostomia. Seperti kekurangan kandungan air liur di dalam mulut karena dehidrasi, mengonsumsi obat-obat tertentu hingga sedang mengalami pilek.
  • Infeksi mulut karena gigi berlubang.
  • Gangguan asam lambung atau GERD yang sudah kronis.
  • Mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan bau mulut tak sedap.
  • Perokok aktif.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Pencegahannya

Agar tidak mengalami masalah bau mulut, tentunya pencegahan harus dilakukan sebelum hal tersebut muncul. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati bau mulut?

See also  Manfaat Jus Tomat, Bantu Diet hingga Jaga Kecantikan Kulit

1. Rutin Menyikat Gigi dengan Benar

Cara mencegah terjadinya masalah bau mulut adalah dengan rajin sikat gigi. menyikat gigi wajib dilakukan dua kali dalam sehari menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride. Disarankan untuk menyikat gigi selama 15 – 20 menit setelah sarapan dan saat pergi tidur.

Lakukan gerakan sikat gigi dengan teknik yang benar yaitu menggunakan gerakan memutar dari atas ke bawah. Hindari menyikat gigi terlalu kencang dan menekan. Karena justru akan merusak gigi.

2. Jangan Lupa Membersihkan Lidah

Bukan hanya gigi saja yang perlu dibersihkan. Lidah yang juga merupakan sarang bakteri harus dibersihkan agar tidak menyebabkan bau mulut tak sedap.

Apalagi bagi para perokok aktif yang memberikan ruang pertumbuhan bakteri secara berlebih. Anda bisa menyikat lidah dengan sikat gigi yang dilengkapi dengan penyikat lidah. Caranya adalah dengan menyikat lidah secara perlahan dari pangkal dalam ke arah depan lidah.

3. Ganti Sikat Gigi dengan Rutin

Untuk mencegah bau mulut, biasakan rutin mengganti sikat gigi selama 2 sampai 3 bulan sekali. Anda juga bisa mengganti sikat gigi setelah sembuh dari sakit. Hal ini bertujuan agar sikat gigi tidak menularkan bakteri-bakteri yang tertinggal dan menyebabkan masalah bau mulut.

4. Rutin Membersihkan Alat Gigi

Jika Anda menggunakan alat perawatan gigi seperti kawat gigi, pastikan untuk membersihkannya secara rutin dan menyeluruh sesuai anjuran dokter gigi. Apabila menggunakan alat perawatan gigi yang lepas-pasang, pastikan alat tersebut dalam keadaan yang bersih sebelum memasukkannya ke dalam gigi. Ini akan menjadi cara menghilangkan bau mulut secara efektif.

5. Lakukan Scaling ke Dokter Gigi

Scaling adalah treatment yang dilakukan di dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Membiarkan karang gigi secara terus-menerus mengendap di dalam mulut bisa menjadi penyebab bau mulut. Selain itu karang gigi bisa menyebabkan iritasi dan radang pada gusi. Lakukan scaling secara rutin minimal enam bulan sekali.

See also  Apa itu Cacar Air: Gejala, Penyebab, Diagnosis

6. Rajin Flossing Gigi

Membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus disebut dengan teknik flossing. Teknik ini bisa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut. Sisa-sisa makanan yang ada di gigi terkadang tidak bisa diraih hanya dengan menyikat gigi saja. Jika dibiarkan, sisa makanan akan menyebabkan bau mulut.

7. Berhenti Merokok

Rokok dan produk-produk tembakau lainnya adalah penyebab bau mulut tidak sedap. Untuk menghilangkannya, tentu Anda harus menghentikan kebiasaan merokok. Selain menyebabkan bau mulut, rokok memiliki banyak resiko membahayakan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, berhenti merokok adalah pilihan tepat untuk menghilangkan bau mulut.

8. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena keadaan mulut kering. Oleh karena itu, minum air putih bisa menjaga mulut tetap lembap. Sangat penting untuk minum air putih setelah makan karena air akan membantu membilas sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut.

9. Gunakan Mouthwash

Kumur-kumur dengan cairan pencuci mulut atau mouthwash dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap secara cepat. Mouthwash dapat membantu menyegarkan nafas seketika dan memberikan rasa nyaman di mulut. Pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan dan hindari mouthwash yang mengandung alkohol.

10. Kurangi Makanan Tinggi Gula

Gula atau makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan bakteri dan plak berkembang semakin banyak dan cepat. Sehingga makanan-makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa mendorong pembentukan karang gigi yang juga menjadi penyebab masalah bau mulut.

11. Makan Permen

Makan permen menjadi cara jitu untuk menghilangkan bau mulut saat keadaan genting. Begitu masuk mulut dan dikunyah, aroma permen akan memenuhi rongga mulut dan membuat napas lebih segar. Ada aroma-aroma tertentu pada permen yang bisa bekerja lebih baik untuk menghilangkan bau mulut seperti aroma mint atau yang mengandung xylitol.

See also  Cara Tidur Cepat yang Ampuh, Cuma Butuh 30 Detik

12. Meminum Susu

Cara menghilangkan bau mulut yang lain adalah dengan minum susu yang bisa menetralisir mulut dari aroma-aroma makanan yang tidak sedap. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut dengan sekejap saja. Anda bisa memilih susu rendah lemak atau full cream.

13. Meminum Teh Hijau

Cara efektif selanjutnya adalah meminum teh hijau. Terdapat sifat desinfektan yang bisa menghilangkan bau mulut tak sedap pada kandungan teh hijau. Untuk lebih memaksimalkan hasil, Anda bisa mencampurkan teh hijau dan mint, sehingga menjadi penyegar napas yang sangat ideal.

14. Makan Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan lactobacillus yang merupakan bakteri baik. Bakteri ini bisa membantu bakteri jahat pada tubuh seperti usus. Mengonsumsi yoghurt dapat membantu menghilangkan bau mulut secara alami. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt dapat mengurangi bau mulut tak sedap. Cukup makan satu porsi yoghurt tawar tanpa lemak per harinya selama enam minggu.

15. Mengunyah Cengkeh

Mengunyah cengkeh dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap karena di dalamnya terkandung antiseptik yang bisa membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Selain cengkeh, Anda bisa mengunyah peterseli, daun ketumbar segar, basil, atau mint. Klorofil yang terkandung dalam tanaman hijau ini dapat membantu menghilangkan bau mulut.

16. Konsumsi Apel

Senyawa alami yang terkandung di dalam apel dapat menetralkan senyawa bau busuk yang ada pada makanan seperti bawang putih. Bagi Anda yang mengalami keadaan bau mulut tak sedap, mengonsumsi apel bisa menjadi jawaban untuk menghilangkannya.

Cara-cara menghilangkan bau mulut di atas bisa membantu Anda ketika mengalami keadaan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa untuk menghilangkan bau mulut secara permanen tentunya Anda wajib menjaga kesehatan mulut dan gigi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.