Definisi Vertigo dan Cara Mengatasi Vertigo Kambuh

Definisi vertigo

Vertigo adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Vertigo juga akan membuat penderitanya kehilangan keseimbangan, sehingga kesulitan untuk sekadar berdiri atau bahkan berjalan.

Cara terbaik untuk menggambarkan kondisi ini adalah dengan memutar tubuh Anda beberapa kali dan merasakan kondisi yang dihasilkan.

Perlu diketahui, vertigo bukanlah nama penyakit. Namun, sebuah kumpulan gejala vertigo yang bisa terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung selama jangka waktu tertentu dalam satu waktu.

Seberapa umum kondisi ini?

Vertigo tergolong jarang dialami oleh anak-anak. Namun, bukan tidak mungkin jika anak terserang kondisi yang satu ini. Vertigo baru mulai sering terjadi pada orang dengan usia 20 tahun ke atas, dan akan menjadi kondisi yang cukup umum pada usia setelahnya. Efek atau konsekuensi dari kondisi ini akan menjadi lebih parah jika Anda mengalaminya pada usia lanjut.

Adakah cara untuk mencegah vertigo sering kambuh?

Stres dapat memicu vertigo. Agar vertigo tidak kambuh, Anda sebaiknya mengurangi stres misalnya dengan melatih teknik napas dalam, melakukan yoga atau tai chi. Hanya sekadar mengetahui apa yang membuat Anda stres pun sudah sangat membantu sehingga selanjutnya Anda bisa membangun strategi untuk menanganinya.

Dehidrasi juga dapat memicu vertigo. Anda dapat memperbanyak minum air putih, mengurangi garam agar tidak sering kencing, dan hindari alkohol. Alkohol dapat membuat Anda dehidrasi. Selain itu, menurut Vestibular Disorders Association, alkohol dapat mengubah komposisi cairan di dalam telinga bagian dalam yang dapat mencetuskan vertigo.

Cara Sederhana Mengatasi Vertigo

Gejala vertigo dapat diatasi dengan cara sederhana. Cara sederhana mengatasi vertigo antara lain:

  • Hindari menggerakkan posisi kepala secara tiba-tiba (hal ini merupakan pemicu vertigo yang paling sering dijumpai).
  • Berbaringlah di ruangan yang sunyi, tenang dan gelap saat vertigo muncul.
  • Hentikan aktivitas Anda dan beristirahatlah sejenak begitu gejala muncul.
  • Bila Anda berkonsultasi dengan dokter, mintalah dokter Anda untuk mengajarkan gerakan latihan vestibular seperti Brandt-Daroff Excercise.
  • Saat bangun dari tidur/duduk, hindari gerakan tiba-tiba, dan gunakan tangan/lengan untuk membantu Anda bangun secara pelan-pelan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.